TAHAP 1 VAKSINASI COVID 19
covid 19

By Hamdan Abdul Azis 29 Jan 2021, 17:18:58 WIB Promosi Kesehatan
TAHAP 1 VAKSINASI COVID 19

Keterangan Gambar : Vaksinasi Covid-19


Pemerintah telah menetapkan tahap pertama vaksinasi untuk menghalau virus SARS COV-2 dilakukan Januari--April 2021. 
Lalu, siapa saja yang mendapat giliran vaksin Covid-19 pada tahap awal ?
Mereka adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani profesi kedokteran yang bekerja pada seluruh fasilitas pelayanan kesehatan.
Sebelum divaksin, peserta vaksinasi Covid-19 harus melakukan registrasi dan verifikasi terlebih dahulu.
1.    Sasaran penerima vaksinasi menerima notifikasi pemberitahuan melalui SMS blast dengan ID pengirim: PEDULICOVID.
2.    Penerima vaksin melakukan registrasi ulang untuk memilih tempat dan jadwal layanan, dengan melakukan verifikasi melalui: SMS 1199, USSD Menu Browser (UMB) *119# lewat ponsel, Aplikasi Pedulilindungi dengan mengakses laman http://pedulilindungi.id atau melalui Babinsa/Babinkamtibmas setempat.
Layanan via SMS dan UMB tidak dikenakan biaya alias gratis. Sedangkan, bagi sasaran penerima vaksin yang tidak memiliki ponsel akan dikompilasi datanya untuk kemudian dilakukan verifikasi oleh Babinsa/Babinkamtibmas dengan melibatkan lurah, kepala dusun, ketua RT/RW, serta puskesmas setempat. 
Nantinya, masyarakat diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk mengonfirmasi domisili serta penapisan diri (self-screening) sederhana terhadap penyakit penyerta. Sasaran dengan komorbid tertentu tidak dapat diberikan vaksinasi.
3.    Setelah verifikasi, penerima memilih lokasi pelaksanaan dan jadwal. Selanjutnya, Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19 akan mengirimkan tiket elektronik sebagai undangan sasaran penerima vaksin Covid-19 yang telah terverifikasi
4.    Pengingat jadwal layanan akan dikirmkan oleh sistem via SMS atau aplikasi PeduliLindungi kepada penerima vaksin. Data penerima vaksin Covid-19 yang telah terverifikasi beserta penjadwalan vaksinasi masing-masing dapat diakses oleh petugas fasilitas pelayanan kesehatan melalui aplikasi Pcare Vaksinasi https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id/vaksin/login/.
Untuk tenaga kesehatan Kabupaten Karawang, pastikan kita semua siap mengikuti Program Vaksinasi Nasional.`Kita yakin bisa mewujudkan Karawang Bebas Covid-19!
#JanganKendor5M  #MemakaiMasker   #MenjagaJarak    #MencuciTanganPakaiSabun  #MenghindariKerumunan   #MembatasiMobilitas #KitaIkutVaksinasi #UrangKarawangSehat